Sistem Informasi Akuntansi
Definisi :
Sistem informasi akuntansi (SIA) adalah satu kesatuan sumber-sumber daya, seperti orang dan peralatan, yang dirancangan untuk mengubah data keuangan dan sumber daya lainnya menjadi informasi. SIA dapat dilaksanakan secara manual maupun komputerisasi.
Informasi dan Keputusan-Keputusan :
Setiap organisasi menerima masukan-masukan dan mengubahnya menjadi keluaran-keluaran berupa produk dan jasa.
Dua pihak pengguna utama informasi akuntansi:
1.Pihak eksternal
2.Pihak internal
Siapakah pihak eksternal?
Para pemegang saham (stockholders)
Para investor (investors)
Para kreditor (creditors)
Lembaga-lembaga pemerintahan (government agencies)
Para pelanggan dan pemasok (customers and vendors)
Siapakah pihak internal?
Para pengelola (managers)
Terdapat beberapa kebutuhan dan permintaan akan informasi yang berbeda-beda sesuai jenjang manajerial pada suatu organisasi.
Sistem-sistem Informasi :
Istilah sistem informasi yang terkini identik dengan pemanfaatan teknologi komputer pada suatu organisasi.
Apakah yang dimaksud dengan sistem informasi berbasis komputer?
Adalah suatu kesatuan yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mengubah data menjadi informasi.
• Tujuan dan Pengguna SIA
1. Untuk menunjang operasi rutin
2. Membantu pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan
3. Memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan urusan pekerjaan
• Fungsi-fungsi pengubahan data menjadi informasi
1. Data collection : meliputi pengumpulan data transaksi, penulisan data dalam suatu bentuk tertentu, validasi dan editing data untuk menjamin keakuratannya serta transmisi data.
2. Data maintenance (pemeliharaan data) : meliputi classifying, transcribing, sorting, batching, merging, calculating, summarizing, and comparing
3. Data management
4. Data control
5. Information generation
SUMBER DAYA / KOMPONEN SIA
1. Processor
2. Data base
3. Prosedur
4. Input/output device
5. sumberdaya yang lain
Hubungan antara SIA dengan SIM ?
Subsystem dalam SIA
1. Siklus buku besar dan pelaporan keuangan
2. Siklus pendapatan
3. Siklus pengeluaran
4. Siklus konversi
5. Siklus Human Resource Management
Peranan SIA dalam menciptakan nilai tambah
1. meningkatkan efisiensi
2. meningkatkan akurasi
Peranan akuntan yang berhubungan dengan SIA
1. financial accountants 4. system developer
2. accounting managers 5. auditor
3. tax specialist
Lingkungan
segala sesuatu yang mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan suatu organisasi dan proses fisik didalamnya.
Hubungan ini sangat penting untuk pengembangan SIA dalam rangka memenuhi kebutuhan pengguna SIA.
Organisasi sub sistem ada 3 (dalam memunculkan SIA) :
1. Operational kejadian bisnis dalam operasi perusahaan
2. Organisasi fungsi-fungsi dalam organisasi
3. Informasi SIA siklus transaksi
Karakteristik Sistem Suatu Perusahaan :
1. Tujuan
Sesuatu yang memotivasi pencapaian goal tujuan akhir perusahaan. Karena tujuannya laba maka harus meningkatkan kinerja.
2. Lingkungan
Sesuatu yang melingkupi suatu perusahaan. Ex : pelanggan, kreditor, pemilik, supplier.
3. Batasan
Suatu keterbatasan baik internal maupun eksternal yang bisa menjelaskan kemampuan dan konfigurasi suatu sistem.
Ex : sumber dana.
4. Input-proses-output
• Input segala sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan output.
Ex : tenaga kerja, manager.
• Proses suatu prosedur untuk mengubah input menjadi output
• Output hasil akhir setelah adanya proses, bisa tangible/berwujud dan intangible/ tidak berwujud (informasi)
5. Umpan balik (feed back)
Suatu alat yang bisa meningkatkan tingginya derajat control.
Ex : Feed back tanggapan
6. Control
Seperangkat alat peraturan yang meningkatkan suatu sistem untuk memonitor proses operasi dan melihat penyimpangan yang terjadi pada suatu rencana proses operasi.
7. Subsistem
Setiap sistem terdiri dari subsistem- subsistem yang berdiri sendiri.
Subsistem-subsistem yang mempunyai karakteristik dari suatu sistem dan berhubungan dengan subsistem yang lain disebut Interface.
Pentingnya Lingkungan Dalam Suatu Bisnis
1. Lingkungan sangat mempengaruhi perusahaan, tidak hanya memberikan tantangan dan masalah tapi bisa juga memberikan suatu peluang.
Ex : krisis moneter
2. Lingkungan memberikan kewajiban bagi perusahaan untuk membuat laporan yang berhubungan dengan kewajibannya.
Ex : serikat pekerja (penangguhan pajak), Pemerintah (minta laporan fiscal)
Struktur Organisasi
Adalah suatu alat yang digunakan oleh manajer untuk mengkoordinasikan aktivitas dan tampilan kinerja serta kewenangan anggota organisasi, sering juga disebut Pusat Pertanggungjawaban.
Struktur Organisasi
1. SO Fungsional / Hirarkis
Struktur organisasi yang memisahkan anggota organisasi berdasarkan fungsi-fungsi dalam organisasi.
Ex : Fungsi produksi, fungsi keuangan, fungsi pemasaran.
Kelebihannya :
• Adanya pemisahan tugas berdasar spesialisasi sehingga meningkatkan efisisensi.
• Manajemen kontrol adalah ketat dalam struktur organisasi hirarkis.
Ex : Karyawan penjualan bertanggung jawab dengan manajer pemasaran.
Kelemahannya :
• Menghalangi akses informasi horizontal antar fungsi.
• Lambat merespon perubahan.
• Cenderung birokratis
• Tidak memerlukan pekerja
2. SO Divisional / Desentralisasi
Struktur organisasi yang memberikan kewenangan pada manajer tingkat menengah dan bawah untuk mengoperasikan perusahaan.
Kelemahan : kebalikan dari kelebihan SO Fungsional.
Kelebihan : kebalikan dari kelemahan SO Fungsional
3. SO Matrik
Berdasarkan proyek yang diterima setiap, fungsi perusahaan bekerja bersamaan.
4. SO Net Working
Struktur organisasi yang saling berhubungan tapi tidak bersifat hirarkis.
Hubungan Antara Organisasi dan SIA
1. Struktur organisasi mengatur arus informasi dalam SIA dan SIM.
Sering disebut arus vertikal dalam rangka memenuhi tanggung jawab manajer
2. Struktur organisasi menentukan arus horizontal dari data transaksi yang harus diolah oleh personel SIA
3. Interaksi sosial dalam suatu organisasi formal membuka adanya sistem informasi informal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar